Jan 24, 2010

LDII LATIH PASUTRI MEMBINA ANAK

Press-release Pra-Seminar tentang “Pencegahan Kekerasan terhadap Anak,” Ruang Rapat 1-Gedung Balaikota Bogor, 27 Desember 2009”

Bogor, 25 Desember 2009.
Era global telah membawa dampak nyata dalam kehidupan manusia saat ini, salah satunya adalah terjadinya perubahan sikap dan perilaku manusia yang cenderung menjadi lebih negatif. Perubahan sikap dan perilaku manusia akibat globalisasi telah mrambah hingga berbagai tataran, mulai dari tingkat individu, keluarga, maupun kelompok masyarakat yang lebih besar. Dampak negatif era globalisasi terhadap keluarga sebagai unit terkecil masyarakat semakin diperkuat dengan berkembangnya teknologi informasi melalui media televisi dan internet yang merambah langsung ke dalam kehidupan keluarga sehari-hari. Meningkatnya konflik dan kekerasan antar anggota keluarga di Indonesia adalah salah satu gambaran nyata tentang dampak negatif masuknya era global dalam kehidupan sebuah keluarga.


Untuk memperkuat institusi keluarga menghadapi gempuran negatif era global dan meningkatkan kemampuan orangtua dalam membina anak-anaknya agar menjadi generasi penerus yang handal, Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (DPD LDII) Kota Bogor telah melaksanakan pembinaan keluarga melalui Seri Seminar dan Pelatihan Ketahanan Keluarga sejak awal tahun 2009. Selain untuk memperkuat ketahanan keluarga, melalui seminar dan pelatihan tersebut DPD LDII Kota Bogor berharap semakin banyak keluarga yang memahami konsep dan penerapan pembinaan keluarga dan anak yang benar.

“Seri ini telah dilaksanakan sebanyak lima kali mulai bulan Maret 2009, di setiap seri diikuti oleh lebih dari 100 pasutri (pasangan suami istri)” ungkap Ir. Hj. Sri Sartikah, yang ditunjuk sebagai ketua panitia pelaksana pelatihan ketahanan keluarga. Selain Pasutri, pelatihan juga diikuti juru dakwah/ulama dan praktisi pendidikan yang selama ini aktif dalam kegiatan pendidikan keluarga islami di lingkungan LDII Kota Bogor. “Saya sendiri sebagai ibu rumah tangga mengalami tantangan dalam membina anak, apalagi di era global seperti sekarang” tambah Sri, memperkuat alasan diselenggarakannya kegiatan ini.

Sri menambahkan: “salah satu Materi pelatihan yang menarik adalah Komunikasi Efektif dalam Keluarga, yang mengajak peserta untuk mengeksplorasi dan mempraktekkan komunikasi yang efektif dan yang positif antara orang tua dan anak.” Pentingnya melatih komunikasi efektif semakin nyata ketika kemajuan teknologi informasi dan komunikasi justru telah berdampak pada menurunnya interaksi verbal antar anggota keluarga karena dominasi penggunaan SMS.

Ketua DPD LDII Kota Bogor, Dr. Ir. H. Radjab Tampubolon menjelaskan bahwa rangkaian seri Pelatihan Ketahanan Keluarga ini akan diakhiri dengan pelaksanaan Seminar tentang “Pencegahan Kekerasan Terhadap Anak” sebagai penutup kegiatan pembinaan ketahanan keluarga di akhir tahun 2009 ini. Radjab menambahkan bahwa kecenderungan terjadinya kekerasan terhadap anak semakin hari semakin meningkat kuantitasnya dan harus ada langkah konkrit untuk mencegahnya. Dari seminar ini diharapkan pemahaman masyarakat terhadap fenomena kekerasan terhadap anak menjadi meningkat dan mau lebih berpartisipasi aktif untuk mencegahnya, kata Radjab.

Radjab juga menjelaskan bahwa penyelenggaraan seminar tersebut merupakan wujud tanggung jawab sosial DPD LDII Kota Bogor sebagai salah satu elemen masyarakat untuk mewujudkan Kota Bogor sebagai Kota yang Ramah Anak. Seminar akan dilaksanakan melalui kerja sama LDII dengan Pemerintah Kota Bogor dan diharapkan akan dibuka secara resmi oleh ibu Dra. Fauziah Diani Budiarto, MM. sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bogor.

Seminar tentang Pencegahan Kekerasan terhadap Anak insyaalloh akan diselenggarakan pada tanggal 27 Desember 2009 bertempat di Ruang Rapat 1, Gedung Balaikota Bogor, tambah Rajab.

Contact Person : Ir. Hj. Sri Sartikah, Ketua Panitia (0815 818 0506)

No comments:

Post a Comment