Jan 25, 2010

Kekerasan Terhadap Anak Sangat Memprihatinkan

Bogor | Metro Indonesia
Edisi 291: Senin 11 - 17 Januari 2010

Seminar tentang pencegahan kekerasan terhadap anak yang mengusung tema "Dengan Peran Aktif Masyarakat, Kita Wujudkan Bogor Sebagai Kota Ramah Anak" yang merupakan hasil kerjasama antara Tim Penggerak PKK Kota Bogor, DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Bogor, serta pemerintah Kota Bogor, telah diseleggarakan di ruang rapat 1 balaikota Bogor.

Ketua Panitia Pelaksana, Ir. Hj. Sri Sartikah, dalam sambutan pembukaan, mengutarakan, bahwa tujuan dari seminar ini adalah melakukan sosialisasi pemahaman bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak dan dampak negatifnya secara psikologis dan melakukan sosialisasi pendekatan psikologis dan pemahaman agama dalam pencegahan kekerasan terhadap anak.


Berikutnya Ketua Umum DPP LDII, Prof. Dr. Ir. KH. Abdullah Syam, MSc. menyampaikan, bahwa dalam anggaran dasar LDII dinyatakan kelahiran dan peran serta LDII dilandasi semangat melaksanakan ajaran agama Islam berdasarkan Al-Quran dan Al-Hadits melalui ibadah mahdoh dan ghoiru mahdoh, lalu dalam konteks seminar ini LDII berperan mewujudkan ibadah ghoiru mahdoh atau ibadah sosial yang bertolak dari keprihatinan atas kekerasan terhadap anak.

Dan dalam seminar ini, lanjut Adullah, sangat relevan untuk dijadikan langkah awal mengatasi permasalahan kekerasan terhadap anak, khususnya di Kota Bogor.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Bogor, Dra. Fauziah Diani Budiarto, mengharapkan pada LDII agar dalam dakwahnya senantiasa dapat menyertakan pengetahuan psikologis untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak karena angka kasus di Kota Bogor telah mencapai 88 dan ini merupakan angka yang memprihatinkan.

Hadir sebagai pembicara, Ir. Satriyandayaningrum dari KPAI, Prof.Dr. Fawzia Aswin Hadis, Sp.Psi.A., Dra. Hj. Nana M. Prasetyo, MSi., Drs. KH. Thoyibun, SH., MM., dan Drs. Mahdi Marzuki, MM. Seminar dilanjutkan dengan deklarasi anti kekerasan terhadap anak di Kota Bogor. (Imas/Nana)

No comments:

Post a Comment